Rabu, 02 Desember 2009

Askhabul Kafih

Askhabul kafih

Aku dan Ahmad pergi kerumah kakek, tujuan ke rumah kakek adalah ingin mendengar cerita dari kakek tentang askhabul kafih . Cerita tentang tujuh anak muda dan satu ekor anjing yang tertidur di gua selama 300th lamanya .

Aku berjalan kerumah Ahmad ,sesampainya di rumah Ahmad , “(kuberteriak ) assalamu’alaikum Antum-Antum main yuk?”jawab Ahmad ‘’ wwa’alaikumsalam ,main kemana Ga?” sahutku “ kerumah kakek ,katanya kakek pengen cerita sesuatu “ ,’’ Ah yang benar Antum ? “,’’ Iya nanti deh , Antum kesana saja ? “ ,’’ Ana izin dulu dengan ibuku ya Ga “ ,” Oke aku tunggu ya “ .

Sambil berlari Ahmad pergi ketempat ibunya yang sedang memasak “ ibu Ahmad pergi kerumah kakek ya bersama Arga ? “ jawab ibunya Ahmad “ ya sudah tapi jangan lama –lamaya nanti ayahmu pulang Mad “iya bu, assalamu’alaikum “ waalaikusalam” .

Aku dan Ahmad pergi ke rumah kakek , ternyata sesampainya di rumah kakek ,kakek sudah siap mengambil al- qur’an , karena cerita itu ada di dalam alqur’an ,” assalamu’alaikum “ jawab kakek “ wa’alaikumsalam ‘,” wa’alaikumsalam , eh Arga , Ahmad silahkan masuk. “

Kakek pengen cerita tentang askhabul kafih , cerita tentang anak muda yang tinggal di dalam gua selama 300th lamany dan semua itu tertulis di dalam al qur’an pada surat al kahfi ayat22,24,25,26.

Cerita dari rakyat pada ratusan tahun yang lalu , ini tertulis jelas dalam al qur’ an ini pada surat al qur’an “ Nanti (ada orang yang akan ) mengatakan ( jumlah mereka ) adalah 3 orang yang ke4 adalah anjingnya , dan ( yang lain ) mengatakan : ( jumlah mereka ) adalah lima orang yang ke enam adalah anjingnya , sebagai terkaan terhadap barang yang gaib ; dan( yang lain lagi ) mengatakan : ( jumlah mereka ) 7orang , yang ke8 adalah anjingnya . Katakanlah : Rabbiku lebih mengetahui jumlah mereka ; tidak ada orang yang mengetahui ( bilangan ) mereka kecuali sedikit . Karena itu jangalah kamu ( Muhammad) bertengkar tentang hal mereka , kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka ( pemuda –pemuda itu ) kepada seorang pun diantara mereka . kecuali ( dengan menyebut ) : insya Allah dan ingatlah kepada rabbimu jika kamu lupa dan katakanlah : mmudah- mudahan Rabbiku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya daripada ini . Dan mereka tinggal dalam gua , mereka 300th dan ditambah 9th( lagi ) katakanlah : Allah lebih mengetahui berapa lamanya mereka tinggal (di gua ) ; kepunyaan –Nya – lah semua yang tersembunyi di langit dan di bumi . Alangkah terang penglihatan – Nya dan alangkah tajam pendengaran-Nya ; tak ada seorang pelindungpun bagi mereka selain daripada-Nya ; dan Dia tidak mengambil seorang pun menjadi sekutu-Nya dalam menetapkan keputusan .( QS.18:22,24,25,&26)”

Dari situ diceritakan pada waktu itu ada raja yang kejam dari Romawi Barat yang memaksa penduduknya supaya semua menyembah berhala , namun pada masa itu umat muslim belum ada atau nabi Muhammad belum diutus kedunia oleh Allah . Dan tujuh pemuda yang bersembunyi di dalam gua , supaya tidak dibunuh oleh raja yang kejam , itu karena pemuda itu ingin beribadah kepada Allah , bukan berhala.

Setelah berhasil bersembunyi iya langsung beribadah kepada Allah selama 9th lamanya . Lalu mereka kelelahan dan tertidur selama 300th lamanya.’’ Oh jadi begitu ya kek ! “,’ iya Ga, askhabul kafih itu sangat penting ‘’”’ untuk kalian pahami . “” aduh sudah adzan maghrib , sudah ya kek Ahmad dan Arga pulang dulu ya kek, atas ceritanya! “” afwan Ahmad .

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar